Anda Terganggu Oleh Alarm Meteran Listrik Prabayar? Silahkan Atur Suka-Suka Sesuai Keinginanmu

Cara untuk mengatur settingan alarm di meteran listrik prabayar - Setelah di artikel sebelumnya kita membahas mengenai kode rahasia pada meteran listrik prabayar, di artikel kali ini kita coba membahas mengenai arti alarm pada meteran listrik dan beberapa pengaturannya.

Berbeda dengan meteran listik manual (pascabayar), pada meteran listrik prabayar terdapat 3 indikator lampu LED yang ditunjukkan nomor 2 pada gambar di samping.
Sebelum melakukan pengaturan, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal arti masing - masing indikator lampu LED/Alarm berikut, yaitu :

1. Indikator LED jumlah  sisa kredit KWH yang memiliki dua arti. Jika LED tersebut berwarna Hijau artinya jumlah KWH masih banyak atau masih mencukupi, sedangkan jika indikator LED tsb berwarna Merah artinya jumlah KWH sudah tinggal sedikit dan hampir habis. Jika Indicator ini sudah berwarna merah, maka akan muncul juga alarm suara yang menarik perhatian sehingga kita bisa segera mengisi token listrik yang baru.

2. Indikator LED "Tamper". Tamper artinya suatu kondisi yang menunjukkan adanya kesalahan atau kebocoran listrik yang terjadi. Kebocoran ini bisa berbahaya jika tidak segera dilakukan pemeriksaan. Penyebab kebocoran bisa bersumber dari peralatan elektronika yang rusak, kesalahan instalasi ataupun kerusakan pada kabel ataupun saklar/ steker karena digigit tikus atau semut dll.

3. Indikator LED 1000 imp/KWH. Berdasarkan beberapa sumber, ini berarti 1000 impulse menunjukkan sama dengan 1 KWH. Dengan kata lain 1000 kali indikator LED ini berkedip maka itu sama dengan penggunaan daya listrik sebesar 1 KWH.


Terkadang kita sering terganggu dengan bunyi alarm yang menandakan bahwa sisa kredit KWH sudah hampir habis. Tahukah kamu bahwa alarm ini dapat diatur sedemikian rupa sesuai keinginan kita. Sebenarnya kita cukup terbantu dengan adanya alarm ini sehingga kita diingatkan untuk segera isi ulang token listriknya. Apalagi kalau sampai kehabisan di tengah malam, bisa semakin repot urusannya. Berikut saya coba membagikan cara untuk mengatur settingan alarm di meteran listrik prabayar. Umumnya pengaturan berikut dapat digunakan pada hampir semua merek meteran listrik prabayar.

Cara untuk mengatur alarm agar bunyi pada batas KWH tertentu.
1. Pada keypad/tombol meteran, tekan kode 456XX kemudian tekan enter
2. Kode XX silakan isi dengan angka batas terkecil KWH agar alarm berbunyi.
Sebagai contoh :
Jika anda menginginkan alarm berbunyi pada saat sisa 3 KWH, maka tekan tombol 45603 kemudian enter.
Jika anda menginginkan alarm berbunyi pada saat sisa 25 KWH, maka tekan tombol 45625 kemudian enter
Mudah-mudahan penjelasan saya ini dapat dimengerti.

Cara untuk menonaktifkan alarm listrik prabayar pada menit tertentu
1. Pada keypad/tombol meteran, tekan kode 123XX kemudian tekan enter
2. Kode XX silakan isi dengan angka menit yang diinginkan agar alarm yang berbunyi nonaktif.
Sebagai contoh :
Jika anda menginginkan alarm berbunyi setiap 15 menit, maka anda cukup menekan 12315 kemudian tekan enter.
Jika anda menginginkan alarm berbunyi setiap 1 jam atau 60 menit, maka anda cukup menekan 12360 kemudian tekan enter.

Sekian beberapa pengaturan meteran prabayar yang dapat saya bagikan. Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

2 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *