Benarkah Usus Buntu Tidak Memiliki Fungsi Apapun Di Dalam Tubuh? Ternyata Tidak

Seringkali ketika seseorang memiliki masalah dengan usus buntu kita langsung mengambil kesimpulan dengan cepat bahwa harus dilakukan operasi karena usus buntu tidak memiliki fungsi apapun di dalam tubuh.

Akan tetapi belakangan ini ilmuwan menemukan sesuatu fakta tentang usus buntu dan tidak seperti yang kita fikirkan sebelumnya. Ingatlah apapun yang ada di dalam tubuh kita pasti memiliki fungsi dan tidak mungkin diciptakan sia-sia hanya saja perlu waktu untuk manusia untuk dapat membuktikan fungsi dari suatu anggota tubuh tsb.
Usu buntu berfungsi sebagai kolam bagi bakteri baik alam tubuh

Sekelompok ilmuwan di Australia dan Perancis menemukan bahwa bagian kecil dari usus yang lebih dikenal dengan usus buntu ini berfungsi sebagai kolam untuk bakteri baik di dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui di dalam tubuh kita terdapat bakteri baik yang menjaga kesehatan (misalnya : kesehatan pencernaan dan penyebuhan infeksi) dan bakteri jahat yang merugikan kesehatan.

Di dalam penelitian ini, para peneliti menunjukkan bahwa sekelompok sel-sel darah putih yang disebut sel-sel limfoid bawaan (ILC) membantu usus buntu berperan dalam respon kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Di Inggris, sekitar 40.000 orang dirawat di rumah sakit karena bermasalah dengan usus buntu setiap tahun, dan operasi pengangkatan usus buntu adalah salah satu prosedur bedah yang paling umum di negara itu.

Meskipun menghapus tidak dianggap berbahaya, tentu membutuhkan penelitian lebih lanjut" ujar Gabrielle Belz, seorang professor di Melbourne’s Walter and Eliza Hall Institute

"Kami mungkin ingin memikirkan kembali apakah usus buntu sangat relevan bagi kesehatan kita."tambahnya.




No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *