Endorse itu Apa sih?

Ketika sedang berselancar di dunia maya, seperti instagram artis ataupun selebritis, kita sering kali mendengar istilah Endorse. Pada komentarnya sebagai contoh : "Kak boleh Endorse?".
Pertama kali mendengar istilah tsb pasti bingung, endorse ini apa ya?
Jika coba kita lihat di kamus bahasa Inggris, Endorse berarti : Mengesahkan, menyetujui, menyokong, mendukung dll.
Nah, masih bingung juga kan, apa yang mau disahkan, apa yang mau disokong dan didukung?
Secara umum Endorse bisa berarti dukungan yang diberikan oleh seseorang yang sudah dikenal seperti artis atau selebritis terhadap suatu product dari brand tertentu.

Istilah endorse sering digunakan di dunia maya terutama online shop. Ketika si artis menyetujui untuk dilakukan endorse, maka si pemilik online shop akan mengirimkan produknya. Sebagai imbalannya si artis harus mengupload video, foto dengan menggunakan produk tsb, ataupun memberikan tweet yang baik tentang produk tsb. Artinya si artis sudah mendukung penjualan produk tsb sebagai referensi bagi calon pembeli produk si online shop tsb.

Lantas apakah sih tujuan dari endorse ini? Yah, bagi online shop tujuannya tentu saja untuk mendongkrak penjualannya. Dari posting para artis tersebut yang seolah menggunakan product online shop tsb, maka si pemilik online shop menjadi lebih percaya diri untuk mempromosikan productnya, contohnya : "Ayo diorder mbak, jangan mau ketinggalan, artis X aja pake'..."

Tak hanya di instagram, atau pun tweeter. Istilah endorse juga digunakan di youtube. Jika suatu video memiliki view cukup banyak, maka tak mustahil si pemiliki video akan ditawarkan endorse oleh perusahaan atau penerbit iklan dengan cara ybs harus mengupload video vlog yang mempromosikan produk tertentu dan tentunya akan dibayar oleh pihak perusahaan.

Kesepakatan endorse ini ditentukan langsung oleh kedua pihak, artis dan pemilik toko online.
Apakah harus artis yang bisa endorse ini? tidak juga, akan tetapi artis atau public figure tentu lebih gampang untuk mempromosikan karena sudah cukup dikenal orang.
Apakah ada jaminan bahwa produk yang sudah di"endorse" oleh seorang artis pasti bagus?
Tentu saja tidak ada jaminan, namun sang artis pasti tidak mau menggunakan jika barang tsb tidak bagus.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *