Istilah di dunia Selluler MSISDN, SIM, IMSI, IMEI dll...

Halo Sobat Komburyok,
Kita sering kali mendengar istilah MSISDN, IMSI, ICCID, SIM, USIM Card, IMEI, PIN, RUIM, dll
Di sini kita coba membahas satu persatu istilah yang sering digunakan di dunia Selluler tsb, semoga dapat membuka sedikit wawasan kita.

MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number) adalah nomor yang merupakan nomor panggil pelanggan atau lebih dikenal dengan nomor ponsel. Nomor tersebut dapat ditampilkan dengan menggunakan pesan layanan masing-masing provider dari SIM Card bersangkutan.

Cara membaca MSISDN :
Untuk frekuensi 1800
MSISDN = CC + NDC + SN
CC = Country Code
NDC = National Destination Code, identifies one or part of a PLMN
SN = Subscriber Number

Untuk frekuensi 1900
MSISDN = CC + NPA+ SN
CC = Country Code
NDC = Number Planning Area
SN = Subscriber Number

IMSI (International Mobile Subscriber Identity) adalah 15 digit kode unik secara internasional yang digunakan untuk mengidentifikasikan pengguna dalam sebuah jaringan GSM. IMSI ini bersifat unik dengan artian bahwa, tidak ada IMSI yang serupa di seluruh dunia

ICCID (Integrated circuit card identifier) merupakan nomor registrasi manufaktur dari SIM card. Bisa dilihat di belakang sim card, terdapat 19 digit nomor yang diprint disitu. ICCID merupakan nomer registrasi fisik dari SIM card yang di embed ketika proses manufaktur.

SIM Card (Subscriber Identity Module), adalah sebuah kartu pintar seukuran lebih kecil dari prangko yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Kartu SIM hanya bisa digunakan dalam sistem GSM.

RUIM Card (Removable User Identity Module), fungsinya sama dengan SIM Card namun digunakan pada telepon tetap nirkabel Fixed Wireless Acces atau yang lebih kita kenal pada jaringan berteknologi CDMA.

USIM  Card (Universal subscriber Identity Module) digunakan pada jaringan dengan teknologi 4G LTE.

LTE (Long Term Evolution) adalah teknologi yang didaulat akan menggantikan UMTS/HSDPA. LTEdiperkirakan akan menjadi standarisasi telepon seluler secara global yang pertama. Walaupun dipasarkan sebagai teknologi 4G, LTE yang dipasarkan sekarang belum dapat disebut sebagai teknologi 4G sepenuhnya. 

Dari segi Ukuran, SIM Card dapat dibagi menjadi 3 bagian yang ddapat dilihat di tabel berikut :

Ukuran kartu SIM
Kartu SIMReferensi StandardPanjang (mm)Lebar (mm)Tebal (mm)
Full-sizeISO/IEC 7810:2003, ID-185.6053.980.76
Mini-SIMISO/IEC 7810:2003, ID-00025.0015.000.76
Micro-SIMETSI TS 102 221 V9.0.0, Mini-UICC15.0012.000.76




IMEI (International Mobile Station Equipment Identity). IMEI terdiri dari 15 digit angka. IMEI membawa informasi tentang ponsel yang bersangkutan seperti pabrik pembuat ponsel, model ponsel, dsb. Anda bisa cek IMEI ponsel Anda dengan menekan kombinasi *#06# pada tombol panggil.
Untuk mengecek IMEI tsb disematkan di HP jenis apa dapat kita ketahui melalui link berikut : http://numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr

PIN (Nomor Identifikasi Pribadi. Nomor Identifikasi Pribadi (Inggris Personal Identification Number (PIN; diucapkan "pin")) merupakan angka sandi rahasia antara pengguna dan sistem yang dapat digunakan untuk otentikasi pengguna ke sistem.



No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *