Kadar Oktan Pertalite dan Pengaruhnya Pada Mesin


Pertalite adalah bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki kandungan Research Octane Number (RON 90). Jika dibandingkan dengan Premium (RON 88) dan Pertamax (RON 92 dan 95), Pertalite merupakan solusi pertengahan dengan kualitas di atas premium namun harga yang relatif terjangkau

Per tgl 1 April harga premium Rp 6.450 sedangkan pertalite Rp 6.900. Dengan selisih harga yang hanya sedikit, konsumen lebih memilih untuk menggunakan pertalite sehingga performa mesin lebih terjaga.

Berikut ini data tingkat kadar Oktan bensin.

87 → Bensin standar di Amerika Serikat
88 → Bensin tanpa timbal Premium
91 → Bensin standar di Eropa, Pertamax
92 → Bensin standar di Taiwan[1]
91 → Pertamax[2]
95 → Pertamax Plus


Pengaruh Oktan bagi mesin kenderaan

Oktan adalah angka sebagai ukuran seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Pada mesin, bensin yang tercampur dengan udara ditekan oleh piston sehingga memiliki ukuran yang sangat kecil. Tekanan ini pada kondisi tertentu bisa menyebabkan bahan bakar terbakar sendiri sebelum terkena percikan api dari busi yang biasa disebut "knocking".
Knocking inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.
Dari sini dapat kita simpulkan, ketika nilai oktan lebih besar, maka tekanan piston yang bisa diterima bahan bakar tsb semakin besar dan knocking jarang terjadi sehingga mesin kendaraan lebih awet.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *