Apa itu Periscope dan 10 Fitur Unggulannya.


Periscope adalah suatu aplikasi media sosial berbasis Android dan Apple iOS yang berfungsi untuk menyiarkan kejadian di seluruh dunia secara real time/ live.
Bagi yang baru dengar, istilah periscope/ periskop ini terdengar seperti nama sebuah alat/teropong yang biasanya digunakan pada kapal selam dan peralatan perang dan berfungsi untuk dapat melihat sesuatu ketika kita terhalang seperti terhalang orang, berada di dalam air, di tempat persembunyian dsb.
Bermula dari ide untuk menyiarkan video livestreaming yang dikembangkan oleh Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein, aplikasi periscope ini langsung dicaplok oleh twitter yang selama ini bermain di bidang teks. Video pada periscope dpt langsung dibagikan ke fllower twitter sehingga bisa langsung diputar atau replay

Fitur-fitur pada periscope

1. Share on Twitter
Hal ini sangat memungkinkan dan gampang digunakan mengingat periscope merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh twitter yang memiliki basis user yang cukup banyak.

2. Comment
Video yang dibagikan dapat dikomentari oleh para follower atau penonton, sehingga broadcaster dapat mengetahui tanggapan penonton atas video yang ditayangkan.

3. Replay
Tak hanya live streaming, periscope juga menyediakan fitur Replay sehingga para penonton bisa memutar ulang videonya namun video ini hanya bisa diputar maksimal 1x24 jam.

4. Private
Dengan fitur private ini, pengguna dapat memilih beberapa follower saja untuk bisa menyaksikan video yang dibagikan sehingga tidak perlu khawatir.

5. Notifikasi
Fitur ini berfungsi untuk memberikan saran terhadap pengguna untuk dapat diikuti oleh pengguna lainnya namun tentu saja pengguna tetap memiliki kontrol penuh untuk mengikuti.

6. Heart
Heart atau simbol hati adalah simbol yang menunjukkan parameter seberapa besar rasa suka terhadap postingan atau video yang dibagikan. Fungsinya seperti simbol jempol pada facebook.

7. #Save
Fungsi dari fitur yang satu ini tentu saja untuk dapat menyimpan.
Pengguna hanya cukup mengetik #save di judul video, maka video tsb akan dapat disaksikan pengguna lain bahkan meskipun sudah lewat 24 jam.

8. Penyimpanan otomatis
Sebelumnya setiap siaran hanya tersimpan 24 jam, dengan judul ditambah #save video dapat tersimpan lebih dari 24 jam, maka saat ini video otomatis tersimpan permanent namun 1x24 jam pengguna memiliki opsi untuk menghapus video tsb dan perubahannya dapat dilakukan pada account setting.

9. Search
Dengan fitur ini pengguna dapat dengan mudah mencari siaran yang sesuai dengan topiknya atau bisa juga mencari siaran di Global list untuk mencari siaran yang sedang berlangsung.

10. Integrasi dengan Go Pro maupun Drone
Karena fungsi utamanya untuk menyiarkan video, tentunya pada periscope sangat dibutuhkan bisa terkoneksi langsung dengan kamera aksi Go Pro, maupun kamera yang terpasang pada pesawat Drone.

Sekian ulasan kali ini mengenai periscope, ayo tunggu apa lagi dan selamat mencoba sensasinya..

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *