Semut Kalau Bertemu Ngapain Sih...?

Siapa yang tidak kenal akan hewan yang satu ini. Hewan yang umumnya berukuran kecil ini dapat kita temukan di mana saja. Umumnya kita tidak menyukai kehadiran hewan ini, namun jika kita mau berfikiran positif ada cukup banyak hikmah dari penciptaan semut ini.

Berikut adalah klasifikasi ilmiah semut:
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta (serangga)
Order: Hymenoptera
Suborder: Apocrita
Superfamily: Vespoidea
Family: Formicidae

Di dunia ini banyak hewan yang hidup berkoloni, mulai dari rayap, lebah, tak terkecuali semut
Semut hidup berkoloni, artinya hidup berkelompok. Mungkin karena ukurannya yang kecil, maka semut diciptakan Tuhan untuk hidup berkoloni, agar mudah terlihat dan memudahkan mengerjakan sesuatu. Dari semut yang kecil ini kita dapat mengambil banyak pelajaran, mulai dari saling tolong menolong, persaudaraan yang kuat, sifat saling berbagi dan sebagainya.

Jenis - Jenis Semut Pada Suatu Koloni

Pada suatu koloni semut terdapat beberapa jenis semut
Sang ratu semut berukuran lebih besar daripada pekerjanya. Mereka memiliki thorax dan abdomen yang lebih besar daripada pekerjanya. Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah untuk menghasilkan banyak semut pekerja, semut jantan dan ratu lainnya. Mereka bisa hidup selama 20 tahun dan bisa memproduksi ribuan telur dalam hidupnya. Semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut. Tugas mereka hanya satu, yaitu membuahi sang ratu saat ritual perkawinan. Dan akan mati setelah beberapa hari.
Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni serta ratu. Semut tentara yang bercirikan memiliki kepala yang besar bertugas untuk menjaga sarang mereka dari serangan musuh

Cara Semut Menemukan Makanan

Jika kita lihat barisan semut, umumnya barisan tsb akan menuju ke suatu titik makanan, di mana makanan tsb akan dibawa ke sarangnya.
Pernahkah kita berfikir bagaimana Cara semut menemukan makanan?
Jika kita melihat seekor semut sedang berjalan-jalan, biasanya semut tsb sedang mencari makanan. Jika sudah menemukan makanan, umumnya semut akan berjalan mengikuti suatu jakur garis lurus.
Semut berkomunikasi dengan rekan satu sarang mereka menggunakan aroma kimia yang dikenal sebagai feromon. Ketika semut menemukan makanan, dia akan dapat mengikuti jejak feromon sendiri untuk kembali ke sarang.

Apa Yang Dilakukan Semut Ketika Bertemu

Selain dari itu, kita juga sering berfikir kenapa semut bersalaman? Benarkah semut ketika berjumpa itu bersalaman, ciuman, berbisik atau apa yang dilakukan?
Mengapa semut akan berhenti sejenak ketika berpapasan dengan semut lainnya?
Semut yang terlihat seperti bersalaman saat bertemu itu sebenarnya sedang berkomunikasi.
Theodore Christian Schneirla, seorang peneliti mengenai prilaku hewan di New York University, pernah mengadakan percobaan dengan semut. Ia mengambil seekor semut lalu ditaruh dalam tempat yang berisi makanan. Semut lain ditaruh dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Kemudian kelakuan kedua semut ini diamati terutama ketika berpapasan dengan teman-temannya di jalan.

Dari penelitian ini, Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan ataupun dari musuh semut menempel pada semut itu. Ketika bertemu dengan semut temannya, semut ini akan saling bersentuhan. Ketika saling bersentuhan ini terjadi pertukaran informasi. Zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya (melalui antena di kepala semut) apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.

Jika kita gali lebih jauh, ada sangat banyak sekali informasi dan fakta yang akan kita dapatkan mengenai semut ini, namun untuk postingan kali ini kita cukupkan sampai di sini. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Baca juga : Kenapa di Gunung Dingin Sedangkan di Pantai Panas

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *