Mengenal Istilah Viral di Dunia Maya

Belakangan ini seringkali kita menemukan istilah viral, ntah itu ketika mengakses facebook, instagram dll. Pokoknya hampir di semua media sosial kita menemukan istilah tsb.
Sebenarnya tanpa perlu mencari artinya kita bisa memahami bahwa viral berarti istilah yang sering muncul untuk mendeskripsikan suatu topik yang sedang hot dibicarakan di dunia maya ataupun media sosial.

Viral berasa dari kata Virus. Pada dunia kesehatan, penyakit yang bersumber dari virus pastinya akan dapat menyebar dengan cepat jika tidak segera mendapatkan penanganan yang serius. Mengingat sifat virus tsb, maka muncullah istilah viral yang berarti berita hangat yang sangat cepat menyebar di dunia maya, baik itu facebook, group chat BBM, watsapp, instagram, dsb. 
Mengingat di era komunikasi dunia maya seperti sekarang ini, segala informasi baik sifatnya fakta maupun hanya sekedar berita lucu dapat dengan mudah diforward antar sesama pengguna media sosial. Intinya, siapa saja bisa membuat dan menyebarkan berita viral tsb.

Seperti kata "viral" sendiri, awalnya mungkin hanya diucapkan beberapa orang saja, namun dari beberapa orang ini yang sering menggunakan istilah tsb, maka bagi orang yang sering mendengarnya akan ikut menggunakan istilah viral tsb. Suatu kata, jika sering diulang-ulang maka akan tertanam di benak para pendengar dan akhirnya ikut menggunakan istilah tsb. Sama seperti tujuan sebuah iklan, jika sering dilihat di televisi misalnya maka penonton pasti hapal. Sampai di sini berita viral dapat berupa teks, gambar, maupun video.

Sampai saat ini tidak jelas siapa orang yang pertama kali menemukan dan mempopulerkan istilah viral ini, namun bagi orang indonesia tak peduli siapa yang mempopulerkan, yang penting istilah "viral" tsb sudah menjadi viral di dunia Maya.

Demikian ulasan mengenai istilah viral dan sampai jumpa di postingan berikutnya..

1 comment:

  1. wah, baru tau gw asal dari kata viral... artikel yang sungguh sangat bermanfaat sekali ya... terima kasih sudah dibagikan

    ikuti juga ya update prediksi togel china di situs agen-prediksi.com

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *