10 Cara Agar Kembali Semangat dan Tidak Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah sifat buruk yang paling sering dimiliki seseorang dan akan mengakibatkan kerugian bagi yang melakoninya.Secara garis besar sifat selalu menunda pekerjaan setidaknya disebabkan oleh 3 faktor, yaitu : takut salah, peralatan atau bahan yang belum lengkap dan malas untuk memulai.

1. Buat Skala Prioritas
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat skala prioritas pekerjaan yang penting dan butuh segera dilakukan dibandingkan dengan pekerjaan yang dapat ditunda namun tentu saja tetap harus segera dikerjakan.

2. Buat Cita cita/ Tujuan di Tempat yang Mudah Terlihat
Tujuan ataupun cita-cita yang akan kita raih akan memotivasi kita untuk segera melakukan suatu pekerjaan. Misalkan tujuan kita adalah menjadi pengusaha yang memiliki sebuah ruko di lokasi yang strategis. Buat cita-cita itu di selembar kertas lalu tempel di dinding atau tempat yang sering kita lalui dan mudah terlihat. Jika kita melihat tujuan atau cita-cita tsb maka kita akan termotivasi untuk segera melakukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tsb.

3. Segera Melakukan Ketika Teringat
Ketika teringat akan sebuah tugas, adalah penting bagi kita untuk langsung mengerjakan tugas tsb meskipun saat itu kita sedang mengerjakan pekerjaan yang lain. Hal ini kita lakukan karena biasanya jika kita menunda nanti baru mengerjakannya biasanya rasa malas atau lupa akan langsung menghinggapi dan pada akhirnya akan batal melakukan tugas tsb.

4. Hindari Sistem Kebut Semalam
Tak bisa dipungkiri di dalam fikiran kita sering ada istilah "SKS atau sistem kebut semalam" yang sudah tertanam. Yaitu selalu mengerjakan pekerjaan tersebut di malam terakhir tepat satu malam sebelum tanggal jatuh tempo pekerjaan tsb. Sebisa mungkin hapuslah sistem ini dan gantikan dengan sistem cicil bertahap.
Dengan mengerjakan sesuatu secara sedikit demi sedikit maka tugas tersebut akan terasa ringan sehingga akan menguntungkan kita karena hasil didapat juga akan semakin baik karena dikerjakan penuh ketelitian dan tidak terburu-buru.

5. Kerjaan yang Ditunda Akan Menumpuk
Masih terkait dengan poin 4, kerjaan yang ditunda-tunda akan menumpuk seperti gunung dan pada akhirnya nanti akan meledak. Untuk itu kerjakan apa yang bisa dikerjakan saat ini seperti pepatah yang sering kita dengan "Don't wait till tomorrow what can do you do today" Jangan menunda sampai besok apa yang bisa kamu lakukan hari ini .

6. Buat Deadline yang Jelas
Dari semua cara yang kita lakukan agar tidak menunda pekerjaan, poin ke 6 ini termasuk poin yang paling penting. Buatlah tanggal jatuh tempo dari setiap pekerjaan sehingga kaitannya ke poin nomor 1. Artinya dengan kita mengetahui tanggal jatuh tempo tentu kita dapat menentukan prioritas dari suatu pekerjaan.

7. Jauhi Segala Gangguan seperti TV dan Ponsel dll
Hal-hal yang dapat menyebabkan kita malas dan menunda pekerjaan adalah adanya yang lebih menarik daripada mengerjakan tugas tsb. Acara di televisi tentunya lebih menarik daripada mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi. Begitu juga dengan ponsel, ketika terdengar notifikasi atau dering maka naluri manusia dan penasaran akan bereaksi untuk melihat ponsel sehingga konsentrasi kita untuk mengerjakan tugas terpecah.

8. Buat Prinsip "Sekarang atau Tidak Sama Sekali"
Hal berikutnya yang harus kita tanamkan dalam diri kita agar tidak menunda pekerjaan adalah prinsip "Sekarang atau Tidak Sama Sekali". Anggaplah saat ini adalah kesempatan terakhir untuk mengerjakan pekerjaan tsb. Jika kita tidak mengerjakan pekerjaan tsb saat ini maka kita tidak akan memiliki kesempatan lainnya untuk mengerjakan pekerjaan tsb.

9. Mulai Dari Bagian yang Paling Menyenangkan
Agar kita bersemangat dan segera melakukan pekerjaan adalah memulai pekerjaan tsb dari hal yang paling menyenangkan dan kita sukai. Biasanya hal terberat dalam mengerjakan tugas adalah di awal saat kita memulainya. Oleh sebab itu jika dimulai dari hal yang menyenangkan maka seterusnya pekerjaan tsb akan dapat segera kita tuntaskan.

10. Minta motivasi dari orang lain
Terakhir yang dapat kita lakukan untuk menghindari sifat malas dan selalu menunda-nunda pekerjaan adalah dengan cara meminta orang lain untuk memotivasi diri kita. Biasa orang akan bersemangat melakukan sesuatu jika ada orang lain yang memotivasi apalagi motivasi tsb datangnya dari orang yang dicintainya.

Sekian 10 cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menghindari dari sifat menunda pekerjaan. Dengan harapan pekerjaan kita akan cepat selesai dan mendapatkan hasil yang terbaik.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *