Pertama Kali di Kelasnya, Yamaha Hadirkan Sepeda Motor Roda Tiga "Tricity"

Seolah tak berhenti berinovasi, Yamaha kembali menghadirkan terobosan baru di Sepeda Motor. Kali ini sepeda motor yang dihadirkan memiliki 3 buah roda. Terbayang di benak kita bahwa kendaraan beroda 3 adalah becak. Namun Yamaha Tricity memiliki dua buah roda depan dan satu buah roda belakang.

Jika kita lihat sekilas dari depan, maka tricity seolah terlihat seperti 2 buah sepeda motor yang sejajar namun jika kita perhatikan kembali ternyata motor tsb adalah tunggangan terbaru keluaran dari Yamaha, sepeda Motor Tricity. Berikut kita coba ulas sederet keunggulan sepeda motor yang satu ini.



Yamaha tricity ini diperkenalkan pertama kali pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) pada bulan November 2016 silam. Sekilas penampilannya tampak aneh namun ketika coba test drive maka kita akan mengetahui perbedaannya.

Tak lama sebelumnya Yamaha mengeluarkan seri Yamaha NMax. Dengan tampilan yang tetap elegan, tujuan Yamaha menghadirkan Tricity 155 ini juga tetap menyasar pasar menengah ke atas. 

Dari segi penampilan, tricity memilki dengan garis bodinya yang selaras dan dinamis sehingga warna akan terasa lebih hidup Kemewahan juga tidak lepas dari penggunaan lampu LED, LCD speedometer + MID & Eco Indicator.

Untuk urusan membawa barang yang lebih banyak kita juga tak perlu khawatir, karena Tricity telah dilengkapi dengan bagasi yang cukup besar. Sehingga Otolovers tidak perlu bingung untuk membawa jas hujan atau helm serta peralatan lainnya untuk berkendara dengan jarak jauh.

Yamaha Tricity 155 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Cyber Blue, Oxford Grey, dan Milky White.



Fitur andalan lainnya adalah komponen pengecasan battery gadget yang sudah terintegrasi di sebuah port yang disediakan di motor tsb. Sehingga di era internet dan media sosial seperti sekarang ini kita tak perlu khawatir kehabisan battery hp saat di perjalanan.

Satu lagi yang menjadi pertanyaan kita adalah apa fungsi roda depan sehingga ditambahkan menjadi 2 buah. Untuk urusan yang ini susah untuk dijelaskan akan tetapi akan terasa berbeda tatkala kita coba mengendarainya terutama ketika berbelok. Kedua roda depan Yamaha Tricity ini didukung parallelogram link (mekanisme penyambung suspensi depan) dan suspensi teleskopik kantilever yang membentuk teknologi LMW Yamaha.

Yamaha Tricity memiliki teknologi mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC berkapasitas 155,1 cc. Mesin ini akan memiliki daya maksimum mencapai 11,1 kW di 8000 rpm, serta torsi mencapai maksimum mencapai 14.4 Nm di 6000 rpm.

Untuk tipe kopling, Yamaha Tricity akan mengusung sistem Dry Centrifugal Automatic. Dan untuk Tipe transmisinya mengusung V-belt automatic.


Kekurangan dari Tricity adalah pengendara tetap harus menjaga keseimbangan ketika berhenti. Kaki harus tetap menapak sempurna di aspal karena salah sedikit saja maka motor akan jatuh. Wajar karena dengan 3 buah roda tentu berat kendaraan akan lebih jika dibandingkan sepeda motor roda 2.

Terakhir untuk urusan harga memang harga relatif mahal. Sepeda motor Jepang yang berasal dari Thailand ini dibandrol dengan harga 66 Juta rupiah.
Anda tertarik....???


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *