Hebatnya...Kini Kendaraan Tempur Layaknya Film Transformer Sudah Ada Di Dunia Nyata

Untuk bisa menjadi negara hebat, angkatan bersenjata harus memiliki peralatan tempur yang hebat pula. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung kemampuan tempur pasukan khusus yang bisa diturunkan di berbagai jenis medan tempur dalam waktu singkat,. Saat ini militer Ukraina sedang berusaha menciptakan kendaraan tempur ala Transformer seperti di film.

Kendaraan tempur (ranpur) hebat ini juga bisa terbang dan dinamakan E-LSFV (Eletric Light Special Force Vehicle). Ranpur Transformer yang bisa mengangkut enam pasukan khusus itu juga dilengkapi persenjataan yang mutakhir.

E-LSFV (Eletric Light Special Force Vehicle), Ranpur yang bisa terbang layaknya film transformer


Jika dilihat sekilas ranpur Transformer militer Ukraina itu merupakan mobil taktis lapis baja beroda empat. E-LSFV memiliki dua mesin masing-masing bertenaga 80 Kilowatt. Karena digerakkan oleh mesin, maka suara mesinnya juga halus tak seperti kendaraan tempur lainnya.

Untuk bisa terbang, E-LSFV  dilengkapi dengan empat buah rotor di bagian atasnya. Baling-baling ini bisa dilepas sesuai kebutuhan misi tempurnya.
Untuk mempercepat geraknya, baterai-baterai pengisi accu untuk menggerakkan mesin bisa diisi maksimal hanya dalam waktu lima menit. Dengan kapasitas baterai penuh, E-LSFV mampu menempuh jarak 800 km.



E-LSFV memiliki varian lain untuk memenuhi kebutuhan tugas tempur yang beragam. CERV (Clandestine Extended Range Vehicle), RST-V (Reconnaissance, Surveillance, Targeting Vehicle), JTEV (Joint Tactical Electric Vehicle) Shadow, dan FED (Fuel Efficient Demostrator) Bravo.
Masing-masing varian E-LSFV rata-rata berbobot tiga ton. Dua awak yang berkualifikasi pasukan khusus bertugas mengoperasikan ranpur  dan empat personel pasukan khusus lainnya sebagai penumpang.

Saat ini sebenarnya tidak hanya militer Ukraina saja yang sedang mengembangkan ranpur ala Transformer ini, militer AS yang secara teknologi selalu dalam posisi terdepan juga sedang mengembangkan ranpur yang sama.
Melalui program pemerintah bernama Transformer (TX), sejumlah pabrikan mulai mendesain dan membuat purwarupa ranpur masa depan ini, seperti Terrafugia (Tyrannos), AVX Aircraft Company, AAI Corporation, dan prototipe Black Knight.



Baca juga : Seorang Remaja 14 Tahun Berhasil Menciptakan Drone Pendeteksi dan Penjinak Bom Ranjau Darat


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *