Mesir Bangkitkan Firaun Yang Terkubur Dari Dalam Tanah dan Rencananya Akan Berdiri Kembali di Museum Kairo Mesir

Bagian tubuh sebuah patung Firaun, yang kemungkinan berusia 3.000 tahun, telah diangkat dari dalam tanah di Mesir. Penemuan ini dapat mengungkapkan sosok seorang firaun yang terkenal.
Sebelumnya, bagian kepala patung dan bagian tubuh lainnya telah diangkat dari lokasi yang sama pekan lalu.

Benda-benda peninggalan masa lalu ini ditemukan di daerah yang terletak di bagian timur laut Kairo, dekat dengan kuil Firaun Ramses II, yang juga dikenal sebagai Ramses Agung. Karena itu, para ahli yakin bagian-bagian patung yang baru diangkat amat mungkin mencerminkan diri sang Firaun.

Bagian tubuh patung ditemukan di tanah kosong di antara blok apartemen yang berdiri di lokasi ibu kota Mesir kuno, Heliopolis.


Dikutip dari BBC, Arkeolog dari Mesir dan Jerman telah menemukan besar patung delapan meter terendam dalam air tanah di daerah kumuh Kairo yang mereka katakan mungkin menggambarkan dihormati Firaun Ramses II, yang memerintah Mesir lebih dari 3.000 tahun yang lalu.




Penemuan, dipuji oleh Departemen Antiquities sebagai salah satu yang paling penting yang pernah, dibuat dekat reruntuhan kuil Ramses II di kota kuno Heliopolis, yang terletak di bagian timur modern Kairo.

Bagian tubuh patung diangkat dari tanah berlumpur menggunakan alat berat crane pada Senin (13/03).

Kementerian Purbakala Mesir mengatakan bagian patung itu akan dipindahkan dan dirakit di Museum Mesir yang berada di pusat kota Kairo. Upaya itu diharapkan dapat merekatkan kedua potongan besar.

Menurut wikipedia Ketika wafat, Firaun dimakamkan bersama harta bendanya di makam berhias tulisan hieroglif, jenasahnya diawetkan dengan ramuan khusus, minyak dan garam, kemudian dibungkus dengan kain kedap udara yang diikat. Karena Firaun dianggap sebagai wakil bangsa Mesir dihadapan para dewa, kedamaiannya di dalam kehidupan di alam baka merupakan harapan semua anggota masyarakat.








Bagian kepala Firaun yang berhasil diangkat
Patung Firaun tersebut terbuat dari batu kuarsit dan memiliki bobot yang luar biasa yaitu sekitar 3 ton. Prosesi pengangkatannya diperkirakan akan selesai pada selasa (14/3).





No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *