10 Kiat dan Cara yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Bangun Pagi. Semangat dan Pasti Berhasil....!!!

Bangun pagi...??
Buat apa ya...Kenapa harus bangun pagi? Ah..susah sih. Gak bisa bangun pagi kan tadi malam tidurnya lama. Mungkin itu sederet alasan yang membenarkan kita untuk tidak bangun pagi.
Padahal jika kita lihat orang-orang yang sukses di dunia umumnya bangun di pagi hari.
Masih teringat dengan pribahasa kuno orang-orang tua kita dulu "Jika terlambat bangun pagi nanti rezekinya dipatok ayam loh..."

Kalau kita mau berfikir jernih ada benarnya juga pepatah tsb. Di pagi hari adalah waktu awal turunnya berkah. Coba kita analogikan, pada suatu ketika pemerintah akan membagikan dana bansos kepada masyarakat pada tgl yang telah ditentukan. Pastinya orang akan berlomba-lomba untuk datang lebih awal karena khawatir jika datang terlambat maka tidak akan kebagian dana bansos tsb.

Begitu juga dengan bangun pagi, jika kita terlambat maka tentu saja kita akan terlambat beraktifitas, sekolah, kuliah, bekerja dan pada akhirnya bagi yang kerja akan kena surat peringatan dan dipotong gaji. Namun kita sering beralasan Ah masih ngantuk, tadi malam tidurnya terlambat, capek dsb.
Berikut ini kita coba ulas bagaimana cara agar mudah bangun pagi.

1. Tekad
Hal pertama yang harus ditanamkan ke dalam hati agar bisa berhasil bangun pagi adalah tekad atau keinginan kuat untuk bisa bangun pagi. Tentukan tujuan hidup, rencana kerja besok hari sebelum tidur sehingga ketika terprogram di fikiran kita untuk bangun lebih cepat agar rencana dapat berjalan dengan baik. Tanpa tekad yang kuat untuk bangun, ketika terbangun di pagi hari kita juga tertidur kembali.

2. Tidur lebih awal.
Tak bisa dipungkiri, cara yang paling penting agar bisa bangun pagi adalah tidur lebih awal. Jika biasanya tidur jam 12 malam kita bisa bangun pagi jam 6, maka untuk bisa bangun jam 5 kita harus tidur paling lama jam 11 malam.
Jika kita masih merasa ngantuk, maka tidur bisa disambung kembali di atas pukul 10 pagi jika hari libur atau tidak bekerja.

3. Jangan tidur dalam kondisi terlalu kenyang
Tidur dalam kondisi kekenyangan berpotensi mengakibatkan kita kesulitan untuk bangun pagi.

4. Jangan minum kopi malam hari sebelum tidur
Seperti kita ketahui minum kopi dapat mengusir rasa kantuk. Jika kita minum kopi di malam hari, otomatis kita akan lama tidur malam sehingga akibatnya bangun pagi akan terasa berat.

5. Tidur dalam kondisi bersih
Sebelum tidur biasakan untuk mencuci muka, sikat gigi, dan memakai pakaian bersih. Karena segala sesuatu yang bersifat bersih ini akan mengakibatkan tidur kita lebih nyenyak dan lebih berkualitas sehingga memudahkan kita untuk bangun di pagi hari.

6. Jauhkan Gadget dan Peralatan elektronik
Kebanyakan orang akan bermain dengan gadget, hp ataupun menonton televisi sebelum tidur. Tanpa disadari peralatan elektronik ini akan mengganggu dan mengurangi kualitas tidur sehingga pada akhirnya mengakibatkan kita susah bangun pagi

7. Buat kondisi kamar senyaman mungkin
Sebelum tidur, buat kondisi kamar senyaman mungkin. Sprei dan selimut yang bersih. Jika panas gunakan AC dan kipas angin. Usahakan juga menggunakan obat nyamuk dan ramah lingkungan.

8. Minta bangunkan oleh orang yang biasa bangun pagi
Cara yang paling gampang untuk bangun pagi adalah dengan meminta bangunkan oleh orang lain yang terbiasa bangun pagi. Tentunya dibarengi dengan tekad yang kuat untuk bangun pagi.

9. Hidupkan Alarm
Umumnya HP semua dilengkapi dengan alarm. Silahkan atur alarm sebelum tidur dan letakkan tidak terlalu dekat dengan tempat tidur namun suaranya masih cukup kuat terdengar

10. Berdoa sebelum tidur
Setelah mengikuti langkah 1 s/d 9, langkah terakhir adalah berdoa sebelum tidur.
Doa di dalam hati minta dibangunkan oleh Yang Maha Kuasa esok hari dengan harapan dapat melakukan hal-hal baik.

Sekian tips bangun pagi yang bisa dibagikan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *