Kutil...si Kecil Mungil yang Bikin Risih

Siapa yang tak kenal kutil?
Yah benda kecil yang disebut juga daging tumbuh ini sering terdapat pada permukaan kulit sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Akan tetapi kita sering kali merasa risih ketika tiba-tiba di kulit kita tumbuh kutil apalagi di kulit yang terlihat oleh orang lain. Akan ada perasaan minder apabila ada orang yang bertanya "kok di kulitmu ada kutil?". Siapa sih yang ingin memiliki kutil ? akan tetapi jika kutil tumbuh tak seorangpun dapat menolak. Yang terpenting bagaimana cara mengobatinya.

Sering kali kita bertanya-tanya kenapa kutil bisa tumbuh? Siapa yang menyangka bahwa kutil disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus).
Bagaimana kutil bisa tumbuh, Virus yang menyerang lapisan kulit ini membuat produksi keratin atau protein keras menjadi meningkat pesat sehingga melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan keratin ini kemudian menumpuk di bagian atas kulit dan membentuk tekstur baru yang disebut dengan kutil.



Setelah kita mengetahui bahwa kutil disebabkan oleh virus, lantas pasti kita akan bertanya apakah kutil bisa menular? Jawabannya ya, lewat kontak fisik. Artinya jika secara langsung kita bersentuhan dengan kulit penderita, maka virus tsb dapat berpindah dan akibatnya akan menyerang kulit lainnya dan akan menimbulkan kutil baru. Akan tetapi tidak setiap bersentuhan lantas akan menimbulkan kutil baru. Hal ini tergantung dari daya tahan tubuh seseorang.

Apakah kutil berbahaya?
Kutil sebenarnya tidak berbahaya namun kita tidak dapat menganggap remeh untuk penyakit yang satu ini. Dalam istilah medis kutil ini juga dikategorikan dalam kelompok tumor jinak. Kutil ini dapat menyebar di area tertentu. Yang paling penting bagi kita adalah mencegah agar kutil tidak tumbuh di kulit kita. Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan membiasakan hidup bersih sehingga virus HPV penyebab kutil ini tidak dapat menginfeksi kulit kita.

Bagaimana menghilangkan kutil?
Kebanyakan kutil dapat hilang dengan sendirinya seiring waktu, namun ada juga yang tidak bisa hilang. Untuk itu perlu dilakukan pengobatan untuk menghilangkan kutil ini.
Cara alami menghilangkan kutil dapat dijelaskan sbb :

Menggunakan getah pepaya.
Getah Pepaya mengandung Enzim papain yang dapat menguraikan protein keras pada kulit. Ambil getah pepaya dan oleskan beberapa kali sehari sampai kutil copot dan menghilang.
Ada beberapa bahan lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil yaitu, getah jarak, kuli pisang, bawang putih dan cuka apel. Cara penggunaannya sama tinggal dioleskan pada kutil sampai kutil menghilang.

Jika sudah dicoba cara-cara di atas namun kutil masih enggan pergi dari kulit anda, silakan konsultasikan ke apotik ataupun ke dokter untuk obatnya.

Baca juga : Semut Kalau Bertemu Ngapain Sih...?


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *