Ramping Hak Setiap Orang, Ini Tipsnya....!!!

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang. Walaupun bagi sebagian orang yang tidak terlalu peduli dengan penampilan fisik. "Yang penting baik hatinya" begitu mereka selalu beralasan.
Namun tentu saja kebanyakan orang menginginkan dan mendambakan tubuh ideal dan proporsional. Terutama bagi wanita tubuh yang langsing dan proporsional selalu menjadi harapan sepanjang masa.

"Gemuk" senantiasa menjadi momok menakutkan setiap wanita, utamanya di rentang usia sekolah sampai menikah. Tahukah anda ada banyak kebiasaan yang menjadi pemicu kegemukan dan naiknya berat badan.

Jika anda dapat memperbaiki pola makan dan gaya hidup anda maka tidak mustahil tubuh yang ramping segera akan anda miliki namun tentu saja untuk melakukannya hal utama yang harus ditanamkan di dalam hati adalah tekad ingin langsing.

Berikut ini 3 faktor utama, disamping faktor lain, yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan kegemukan. Penyebab kegemukan itu antara lain :

1. Kurang Tidur
Kebiasaan bergadang dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi gemuk. Jika kita tidak tidur biasanya perut akan terasa lapar. Untuk itu biasanya kita akan makan makanan ringan atau ngemil. Tanpa disadari dengan ngemil berat badan akan semakin cepat meningkat. Orang yang tidur pasti tidak akan merasa lapar dan tentu saja tidak makan dan pada akibat baiknya tubuh tidak akan gampang gemuk. Untuk itu sangat disarankan agar tidur yang teratur dan kurangi ngemil

2. Makan Malam Terlalu Malam
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan makan malam namun jika anda ingin memiliki tubuh yang ideal tak ada salahnya anda perlu mengubah pola makan anda. Usahakan makan pada sore hari sehingga ada jarak sampai waktu tidur. Jika makan terlalu malam, maka makanan yang dimakan belum selesai dicerna pada waktu tidur. Sebenarnya tidak ada dasar ilmiah yang menyatakan bahwa makan terlalu malam dapat menyebabkan kegemukan, namun jika digunakan logika umumnya pada malam hari orang akan melakukan aktifitas fisik lebih sedikit dibanding siang hari. Jika kita makan, maka energi yang keluar lebih sedikit.
Mengkonsumsi makanan apalagi yang mengandung kalori atau karbohidrat secara berlebih pada malam hari akan meningkatkan resiko kegemukan karena makan tsb tidak terbakar dengan aktifitas fisik pada malam hari.

3. Banyak Makan dan Minum yang Manis
Makanan dan minuman yang manis mengandung gula. Gula merupakan golongan karbohidrat sederhana. Gula dapat dibagi menjadi glukosa, fruktosa dan galaktosa. Umumnya gula yang kita konsumsi sehari-hari adalah berjenis glukosa. Glukosa dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi namun jika terlalu banyak dan berlebihan akan menumpuk menjadi timbunan lemak dan tentunya akan meningkatkan berat badan.

Setelah kita mengetahui 3 kebiasaan yang menyebabkan kegemukan, lantas apa kebiasaan baik yang dapat kita lakukan untuk menghindari kegemukan. Berikut ini 3 kebiasaan baik untuk menghindari kegemukan dan menurunkan berat badan.

1. Mengkonsumsi Air Putih
Sebagaimana kita ketahui air putih sangat baik bagi tubuh. Air putih memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Orang yang rutin mengkonsumsi air putih secara cukup, terutama di pagi hari akan terhindar dari resiko kegemukan.

2. Olah Raga yang Teratur
Olah raga merupakan aktifitas fisik yang mengeluarkan cukup banyak energi. Energi ataupun kalori yang terbakar akan otomatis membakar lemak yang terdapat di dalam tubuh sehingga akan efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Mengkonsumsi Serat
Mengkonsumsi serat sangat baik bagi tubuh terutama dalam proses pencernaan dan pengeluaran feses. Artinya jika pencernaan lancar, maka anda akan terhindar dari resiko kelebihan berat badan.

Sekian artikel kali ini...
Baca juga : Ingin Kaya Permanen? Lakukan Hal Berikut

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *