Cara Paling Ampuh Untuk Menghilangkan Latah

Siapa yang tak kenal latah?
Latah adalah suatu kondisi seseorang yang meniru perbuatan atau perkataan orang lain dan terjadi umumnya tanpa disadari akibat kondisi lingkungan atau gangguan dari orang lain.
Seringkali orang yang memiliki penyakit latah ini menjadi bahan lelucon bagi rekannya yang lain karena tingkah lakunya yang lucu, misalnya apabila dikejutkan.
Latah ini sebenarnya adalah suatu penyakit yang dapat digolongkan ke dalam penyakit kejiwaan ringan. Akan tetapi bagi sebagian orang latah justru menguntungkan, sebut saja mpok Atik, latah baginya merupakan berkah tersendiri karena justru karena latah ybs menjadi semakin terkenal.

Penyebab latah
Latah disebabkan oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar ybs. Sudah menjadi sifat manusia suka meniru kebiasaan orang-orang di sekitarnya. Meskipun ada yang mengatakan bahwa latah merupakan penyakit turunan, secara pribadi saya lebih meyakini bahwa latah tidak diturunkan secara genetik. Orang yang dilahirkan dari orang tua yang latah, secara otomatis meniru tingkah dan perilaku latah orang tuanya, sehingga dapat disimpulkan juga bahwa latah menular dari orang-orang yang berinteraksi dengannya sehari-hari.
Ada orang yang pada awalnya membuat-buat latah sekedar lucu-lucuan justru menjadi keterusan dan menjadi orang yang benar-benar latah.

Apakah latah bisa disembuhkan?
Menurut dr Andri, SpKJ, psikiater dari RS Omni Alam Sutra Tangerang, latah dapat dihilangkan dengan memberikan "Terapi Perilaku". Untuk mengobati latah bukan dilakukan dengan meminum obat-obatan tertentu akan tetapi dengan cara melatih perilaku ybs agar dapat mengontrol perbuatannya sehingga segala sesuatunya dapat dilakukan secara sadar dan bukan spontan.

Yang terpenting dalam proses penyembuhan latah ini adalah kesadaran orang ybs dan keinginan sembuh dari penyakit latahnya.
Langkah mudah untuk menyembuhkan latah dan sudah terbukti setelah saya praktekkan kepada orang terdekat saya adalah sbb :

1. Keinginan dan tekad dari si penderita latah untuk sembuh.
Ybs harus yakin semua penyakit bisa disembuhkan dan tak terkecuali penyakit latah. Modal awal yang harus dimiliki adalah kesungguhan tekad ybs untuk sembuh.

2. Sebisa mungkin menahan untuk tidak mengikuti perkataan dan perbuatan orang lain ketika dikejutkan. Hal ini bisa dilatih karena umumnya latah terjadi berkali-kali karena dikejutkan orang lain secara berkali-kali di waktu yang sama. Untuk itu tutuplah mulut anda dan tahan sebisa mungkin dan pusatkan konsentrasi.

3. Meminta bantuan seseorang. Pilihlah seseorang yang bisa diandalkan dan sayang terhadap anda. Mintalah orang ini mengingatkan anda setiap kali anda berbuat latah. Bagi yang muslim bisa dilakukan dengan mengingatkan anda mengucap Astagfirullah atau kata-kata baik lainnya karena umumnya orang yang latah sering mengucapkan kata-kata kotor dan buruk.

Setelah kita melakukan 3 kebiasaan di atas secara kontinyu, yakinlah mudah-mudah kebiasaan latah akan berangsur-angsur hilang dan kepercayaan diri anda akan kembali seperti sedia kala.

Selamat mencoba...!!!!

1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *